PROPOSAL BISNIS - USAHA ICE CREAM POT YUMMY (POMMY)

 

Es Krim Pot yummy

(Pommy)

Proposal Rencana Bisnis




Sumber : Snapdeal Flower Ice Cream Muffin mini Cake 
 








STIE TRI BHAKTI SCHOOL OF BUSINESS

Jl. Teuku Umar no. 24, Cut Mutia

Bekasi







BAB I

PENDAHULUAN

 

Aspek Organisasi dan Manajemen

Pengertian organisasi menurut Pride (2015:269) adalah upaya mengelompokkan sumber daya dan kegiatan untuk mencapai beberapa hasil akhir dengan cara yang efisien dan
efektif. Berikut struktur organisasi yang direncanakan oleh Pot Ice Cream :
1. Nama Usaha            : Es Krim Pot (Pommy)
2. Jenis Usaha             : Dessert ( makanan ringan )
3. Alamat Usaha         : RukoVilla Mutiara Gading 2
4. Nama Pemilik          : Deliana RLS


Visi, Misi

a.       Visi

Visi Pot Ice Cream adalah menjadi makanan penutup yang paling dicari dan disukai oleh masyarakat dan bisa dikembangkan sebagai bisnis dengan sistem franchise di luar Kota Bekasi.

b.      Misi

Misi Pot adalah:

1.      Menciptakan inovasi varian rasa baru yang lebih menarik agar konsumen tidak merasa bosan.

2.      Memberikan pelayanan yang terbaik sehingga konsumen merasa nyaman saat membeli.

3.      Mengutamakan kualitas dan rasa yang terbaik dengan nilai gizi yang baik dan harga yang sesuai kemampuan masyarakat.


Tujuan Usahaan

Tujuan perusahaan memproduksi atau memasarkan suatu produk, baik perusahaan dagang ataupun jasa selalu berpatokan pada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Tujuan perusahaan dalam memasarkan produknya ini dapat bersifat jangka pendek atau jangka panjang. Secara khusus dalam aspek pasar dan pemasaran bahwa tujuan perusahaan untuk memproduksi atau memasarkan produknya dapat dikategorikan sebagai berikut:

1.       Untuk meningkatkan penjualan dan laba. 

2.       Untuk menguasai pasar.

3.       Untuk mengurangi saingan.

4.       Untuk menaikan prestise produk tertentu dipasaran. 

5.       Untuk memenuhi pihak-pihak tertentu.

Tujuan usaha Pot Ice Cream adalah memberikan rasa dan inovasi baru pada produk sehingga konsumen dapat merasakan sesuatu yang baru dalam dunia makanan dan tidak merasa bosan sehingga mau membeli produk yang ditawarkan.





BAB II

LATAR BELAKANG USAHA

 

Banyak orang yang tergiur akan kelezatan, kesegaran juga kenikmatan yang ditawarkan oleh es krim ini. Kelezatan rasa es krim memang bisa mengundang gairah dari banyak orang untuk menikmatinya. Rasanya yang manis, lembut dan dingin dimulut membuat es krim banyak disukai mulai dari anak kecil sampai orang dewasa bahkan orang tua. Seperti halnya di wilayah tropis seperti indonesia dengan berada di garis khatulistiwa membuat wilayahnya memiliki iklim panas. Ketika cuaca panas memang es krim menjadi pilihan minuman yang banyak diburu oleh masyarakat. Es krim menjadi minuman pilihan yang cocok untuk dinikmati saat kapanpun juga dimanapun terlebih cuaca panas merupakan momen yang tepat. Jumlah peminat dari produk es krim memang selalu mengalami peningkatan, minuman yang sejak lama hadir ditengah masyarakat kini menjadi kebutuhan pokok yang harus selalu tersedia terlebih saat cuaca terik.  

Salah satu produk yang kini sedang mulai berkembang di antara masyarakat, adalah produk makanan penutup (dessert) yaitu es krim. Es krim adalah makanan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Membayangkan es krim akan terbayang kelembutan dan kelezatan rasanya. Rasa es krim yang manis, gurih, dingin dan lembut sangat menggugah selera siapa saja. Sudah banyak olahan dan varian es krim, dan kita bisa melihat kumpulan resep es krim, dari es krim goreng, es krim coklat, dan masih banyak lagi. Es krim adalah sebuah makanan beku, dibuat dari produk susu seperti krim atau sejenisnya lalu digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini dinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Mengingat banyaknya varian es krim, sekarang ini tentu tidak sulit lagi menemukan rasa dan jenis es krim yang diinginkan. Terkadang orang bosan menikmati es krim yang itu saja rasanya, namun dengan hadirnya es krim pot kini makin lebih tertarik. Peluang usaha es krim pot memang terbilang masih baru di dunia usaha es krim dan semakin berkembang hingga banyak menghasilkan keuntungan.

Bisnis es krim dari tahun ke tahun memang mengalami peningkatan begitupun jumlah pendapatan yang hendak didapatkan akan selalu meningkat. Dalam mengelola usaha es krim pot memang begitu mudah serta pangsa pasarnya sangat muda diterima masyarakat. Pangsa pasarnya yang terbilang bagus menjadikan usaha es krim pot layak sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Meski usaha es krim kini banyak bertebaran di masyarakat, namun untuk usaha es krim pot tak akan kalah untuk bersaing. Jika dilihat dari sudut pandang peluang, kuliner dingin atau es krim ini merupakan bisnis kuliner yang menjanjikan, dari segi minat di indonesia sendiri, Mulai anak-anak hingga orang dewasa kenal dan akrab dengan yang namanya es krim. Produk ini sangat tidak asing bagi siapapun. Itu berarti peluang memasarkannya jauh lebih mudah daripada produk yang asing atau baru ditawarkan. Anda tinggal membuat rasa es krim yang lezat, kemasan/penyajian yang menarik dan merek yang menggoda. Lambat laun es krim Anda akan dikenal dan disukai oleh konsumen. Peluang bisnis es krim tak akan pernah tua, dari zaman dulu sampai sekarang bisnis es krim tetap ada. Dan yakinlah, di masa mendatang peluang bisnis es krim juga akan tetap ada dan berkembang seiring kemajuan zaman dan kreatifitas manusia.

 




BAB III

KAJIAN ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

 

PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN 

Pasar dan pemasaran merupakan dua sisi yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, artinya pasar dan pemasaran memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi dan saling mempengaruhi, dengan kata lain, setiap ada kegiatan pasar selalu diikuti oleh pemasaran dan setiap kegiatan pemasaran adalah untuk mencari atau menciptakan pasar. Pengertian pasar secara sederhana ialah sebagai tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pengertian lain yang lebih luas tentang pasar ialah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Dalam pengertian ini mengandung arti bahwa pasar merupakan kumpulan atau himpunan dari para pembeli, baik pembeli nyata maupun pembeli potensial atas suatu produk atau jasa tertentu. Pasar juga dapat diartikan pula sebagai suatu mekanisme yang terjadi antara pembeli dan penjual atau tempat pertemuan antara kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran Yang dimaksud dengan permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga pada suatu waktu tertentu. Secara umum factor-faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang atau jasa adalah:

1. Harga barang itu sendiri.
2. Harga barang lain yang memiliki hubungan.
3. Pendapatan
4. Selera
5. Jumlah penduduk. 
6. Factor khusus ( akses )

 Pengertian penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingakat harga pada waktu tertentu. Factor-faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang dan jasa:

1. Harga barang itu sendiri.
2. Harga barang lain yang memiliki hubungan.
3. Teknologi
4. Harga input.
5. Tujuan perusahaan.
6. Factor khusus.

Pengertian pasar yang dikemukakan oleh Philip kotler adalah: suatu proses social dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain. Pemasaran dapat pula diartikan sebagai upaya untuk menciptakan dan menjual produk kepada berbagai pihak dengan maksud tertentu. Pemasaran berusaha menciptakan dan menukarkan produk, baik barang maupun jasa kepada konsumen dipasar. Konsumen yang membutuhkan barang produk adalah individu atau kelompok tertentu. Oleh karena itu, dalam pratiknya kelompok pasar terdiri dari:

1. Pasar konsumen.
2. Pasar industrial.
3. Pasar reseller.
4. Pasar pemerintah.


Aspek Pemasaran

Segmen Pasar, Target Pasar, dan Positioning

1.      Segmentasi

Segmentasi merupakan kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen (Suliyanto 2010:93). Dalam hal segmentasi, Pot Ice Cream membaginya kedalam beberapa segmen yaitu:

  • v  Segmentasi berdasarkan geografis. Pot Ice Cream hanya membuka usaha di wilayah kota Bekasi, melalui penjualan via direct selling, blackberry messenger, Facebook, dan Instagram.
  • v  Segmentasi berdasarkan demografis. Pot Ice Cream menempatkan target utama kepada karyawan, mahasiswa dan anak sekolah di Ruko Villa Mutiara Gading 2 Bekasi. 
  • v  Segmentasi berdasarkan psikografis. Pot Ice Cream cenderung mengarah kepada masyarakat yang mempunyai gaya hidup masa kini yang selalu ingin mengikuti perkembangan zaman, penggemar dunia kuliner dan menyukai hal–hal yang unik tentang sebuah makanan.


2.     
Targeting

Menurut Suliyanto (2010:94) Targeting adalah pemilihan pasar sasaran dari kumpulan pembeli dengan kebutuhan atau karakteristik serupa yang akan dilayani perusahaan. Target pasar yang menjadi sasaran Pot Ice Cream yaitu anak-anak dan remaja. Laki–laki dan perempuan dengan usia 7 tahun hingga 20 tahun yang berada di daerah Bekasi, yaitu Ruko Villa Mutiara Gading 2.

3.      Positioning

Positioning adalah elemen yang sangat utama dalam suatu strategi pemasaran. Sebuah perusahaan dapat menentukan posisinya melalu persepsi pelanggan terhadap produknya dan produk pesaingnya sehingga akan dihasilkan peta persepsi. Dengan menggunakan informasi dari peta persepsi itu, berbagai strategi penentuan posisi dapat dikenali (Suliyanto 2010:95). Pot Ice Cream ingin menjadi salah satu hidangan makanan penutup yang sehat dan bergizi yang diminati oleh semua kalangan. Keunggulannya yang unik seperti sedang membeli sebuah tanaman bibit tetapi sebenarnya sebuah es krim yang lezat.


Potensi Pasar

Penentuan dan evaluasi potensi pasar dari usaha bisnis baru yang direncanakan hendaknya dimuali dengan mengumpulkan data-data yang relevan dengan pasar mengenai pelanggan potensial, memotivasi pembelinya, kebiasaan membeli, dan dampak perubahan dalam karakteristik produk pada potensi pasar. Penelitian mengenai potensi pasar bagi usaha baru mungkin melibatkan penilaian subyektif, pribadi dan tidak selalu ilmiah.

Wirausahawan hendaknya menggunakan pendekatan ilmiah, mereka hendaknya bertumpu pada informasi obyektif mengenai pelanggan potensial, bisa memilah-memilah informasi. Banyak wirausahawan yang mengabaikan keberadaan pasar, atau mereka hanya melakukan penelitian pasar untuk membenarkan keyakinan mereka. Wirausahawan yang bijak akan menggunakan sebagian besar waktu mereka untuk mengindentifikasi pasar potensial. Es krim merupakan salah satu produk makanan yang cukup potensial. Potensi pasar es krim di Indonesia bisa mencapai 60 juta liter per tahun, akan tetapi yang terealisasi baru mencapai 47 juta liter per tahun. Meskipun demikian pertumbuhan pangsa pasar es krim di Indonesia setiap tahunnya mengalami kenaikan sekitar 5-10%. Potensi pasar es krim di Indonesia yang menjanjikan didukung oleh tingkat konsumsi es krim yang masih sangat rendah, bisa dijadikan peluang untuk para produsen es krim yang ada.


Peluang Usaha

Peluang untuk bisnis es krim pot terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Usaha es krim pot menjadi suatu pilihan bisnis es krim baru dan unik yang menjanjikan hingga banyak orang terpincut dengan bisnis tersebut. Peluang untuk usaha minuman es krim pot masih terbuka lebar bagi siapa saja. Berikut adalah peluang usaha es krim :

1)      Iklim Tropis Indonesia. Secara alami, letak negara kita di khatulistiwa ini sangat mendukung perkembanganbisniseskrim. Apa lagi suhu udara kenyataannya juga semakin bertambah.

2)     Konsumennya Berasal dari Berbagai Kalangan Siapa yang tidak kenal es krim? Mulai anak-anak hingga orang dewasa kenal dan akrab dengan yang namanya es krim. Produk ini sangat tidak asing bagi siapapun. Itu berarti peluang memasarkannya jauh lebih mudah daripada produk yang asing atau baru ditawarkan. Anda tinggal membuat rasa es krim yang lezat, kemasan/penyajian yang menarik dan merek yang menggoda. Lambat laun es krim Anda akan dikenal dan disukai oleh konsumen.

3)      Pasar Bisnis Es Krim Mudah Dicari. Cukup dengan mencari tempat yang ramai dan strategis misal mall, kampus, sekolah, futsal, pasar, kolam renang dll, maka kami yakin bisnis Anda akan segera menuai kesuksesan.

4)  Mudah Dimulai, Dijalankan dan Pengawasan. Untuk memulainya Anda cukup memiliki Mesin Pembuat Es Krim (Ice Cream Maker) baik yang model Es Puter/Skop atau model Kran (Soft Ice Cream). Karena setiap pembelian mesin selalu diadakan pelatihan sampai bisa berproduksi dan perawatan mesin. Tidak perlu tenaga dengan keahlian khusus dan berpendidikan tinggi lulusan SMP pun bisa. Pengawasan gampang karena setiap mesin menghasilkan produk yang sudah pasti sehingga penyelewengan dari karyawan hampir tidak ada.

5)   Tidak Perlu Banyak Karyawan. Anda cukup mempekerjakan minimal 1 (satu) orang karyawan saja sebagai operator mesin merangkap kasir dan pelayan sehingga 1 mesin perlu 1 karyawan

6)    Tidak Butuh Keterampilan Tinggi. Prinsipnya semua orang bisa melakukannya, hanya butuh pengalaman saja. Bisa dipelajari dengan mudah sambil menjalankan bisnisnya (learning by doing).

7)    Proses Pembuatan Cepat dan Bisa Diatur. Membuat es krim tidak perlu waktu terlalu lama, dan jumlah produksi dan variasi produk pun bisa Anda atur sendiri.

8)    Peluang Bisnis Es Krim tidak ada matinya. Peluang bisnis es krim tak akan pernah tua, dari zaman dulu sampai sekarang bisnis es krim tetap ada. Dan yakinlah… di masa mendatang peluang bisnis es krim juga akan tetap ada dan berkembang seiring kemajuan zaman dan kreatifitas manusia.


Strategi Pemasaran Perusahaan Terhadap Pesaing

a. Product

Suatu produk akan dibeli apabila terlihat menarik bagi seorang konsumen, maka produk merupakan hal utama yang harus diperhatikan ketika akan memulai suatu usaha.Karena tanpa produk yang unggul usaha kita tidak dapat berkembang dan bersaing dengan produk lain. Pooti Ice Cream memiliki kemasan yang berbentuk pot bibit kemudian dilapisi dengan alumunium foil untuk menjaga kehigienisan produk.

Pot tersebut diisi dengan es krim, alpukat, coklat, dan bubuk oreo, serta bubuk corn flake juga daun mint pada bagian atas. Es krim yang digunakan adalah jenis hard es krim yang didapatkan dengan membeli dari agen es puter yang telah terjamin rasanya. Es krimnya sendiri terdiri dari rasa greentea, coklat, dan vanila. Untuk alpukat kami mengolah sendiri alpukatnya agar berbeda dari pesaing. Alpukat yang digunakan pun adalah alpukat yang baik kualitasnya. Alpukat tersebut diolah dengan susu dan resep rahasia dari Pot yang membedakan dari produk pesaing. Bagian pelengkapnya itu adalah coklat dari nuttela dan ovamaltine sebagai penambah rasa dari es krim tersebut. Untuk topping paling atas Pot menggunakan Oreo atau biskuit jagung yang berfungsi sebagai kiasan dari tanah atau pasir putih seperti tema produk yang dijual. Dan juga buahbuahan yang menambah kesegaran dari dessert ini. Buah yang dipakai biasanya buah yang mempunyai rasa asam seperti stroberi, kiwi, dan mangga.

Gambar 1. Es Krim Pot


b. Price

Pot Ice Cream menawarkan harga yang cukup kompeten untuk bersaing dengan pesaing lainnya. Harga yang ditawarkan  Pot Ice Cream yaitu sudah termasuk dengan pot, dan juga sendok plastik satu kali pakai dan topping pelengkapnya. Berikut ini merupakan harga dari produk Pot Ice Cream:

Tabel 1. Harga Produk Pooti Ice Cream

No.

Produk

Harga per Unit (Rp)

Pot

 

1.

Coklat bola kacang mete dan mesis

20.000

2.

Coklat serut, mesis dan strawberi

15.000

3.

Krim mocca dan kacang tanah

20.000

4.

mesis and fruits

25.000


c. Place

            Tempat penjualan es krim berada di ruko Perum. Villa Mutiara Gading 2.

d. Promotin

Menurut Suliyanto (2010, h.90) Pengertian promosi adalah kombinasi dari periklanan, personal selling, dan alat promosi lainnya yang direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”. Pot Ice Cream akan melakukan promosi di sosial media sebagai berikut :

1. Social Networking 
    Pot Ice Cream memanfaatkan jaringan media sosial untuk memperkenalkan produk Pot Ice Cream kepada konsumen seperti Instagram, Group BBM dan Facebook 
2. Brosur 
    Pot Ice Cream juga melakukan pembagian brosur di tempat keramaian, seperti di daerah perkantoran, Mall, Taman dan toko. Selain itu, penulis akan meletakkan brosur di restoran dan café. Hal tersebut bertujuan jika konsumen ada yang berminat melakukan order.

e. Sales Promotion

Pooti Ice Cream memberi diskon dan bonus produk seperti topping ataupun beli 1 produk gratis 1 produk khusus Pot. Dengan adanya promosi seperti ini diharapkan konsumen akan lebih tertarik untuk membeli Pot Ice Cream apalagi di hari-hari yang tidak terlalu ramai seperti hari biasanya. memberi diskon dan bonus produk seperti topping ataupun beli 1 produk gratis 1 produk khusus Pot. Dengan adanya promosi seperti ini diharapkan konsumen akan lebih tertarik untuk membeli Pot Ice Cream apalagi di hari-hari yang tidak terlalu ramai seperti hari biasanya.

Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar

Cara penjualannya mudah yaitu dengan waktu pembelian tidak lebih dari sepuluh menit, pembeli dengan mudah memilih jenis es krim pot yang akan dibeli sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk. Cara promosi sendiri dilakukan dengan media sosial seperti Instagram, grup BBM, dan Facebook .


Tabel 2. Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar Selama 3 Tahun

Tahun

Permintaan

Potensial

(1)

Penawaran

Pesaing

(2)

Peluang

Pasar

(3)

Rencana

Penjualan

(4)

Pangsa

Pasar

(5)

2016

323.025

90.000

233.025

10.486

4,50%

2017

355.328

99.000

256.328

12.688

4,95 %

2018

390.860

108.900

281.960

15.366

5,45 %

 Sumber : Analisis Penulis, 2015


Proses Produksi / Gambaran Teknologi

Proses produksi Pot Ice Cream dilakukan dalam dapur dengan memanfaatkan sarana dan prasarana. Proses produksi yang baik akan menghasilkan produk yang baik juga dengan resep es krim yang sudah ada dari berbagai sumber. Prosesnya yaitu Bahan baku (Bot atau vas bunga yang terbuat dari plastic, bunga sintetis (imitasi), nutrijel cokelat, sedotan plastic, roti/cake sesuai selera anda, hard ice cream aneka rasa, dan biskuit Oreo) + Peralatan + Pengolahan + Penjualan.






BAB IV

ASPEK KEUANGAN

 

Sumber modal

            Meminjam uang ke Bank sebesar Rp. 20.000.000, untuk semua biaya dan biaya tak terduga pada saat pelaksanaannya.

Investasi 

Peralatan

 Harga

etalase/gerobak

Rp.

     2,210,100

kompor dan gas

Rp.

        327,250

Panci

Rp.

        328,350

mesin freezer

Rp.

    1,892,500

piring saji es krim

Rp.

        132,000

Meja

Rp.

     1,242,300

Kursi

Rp.

      1,132,500

tempat sampah

Rp.

          26,000

Timba

Rp.

           41,220

Wadah

Rp.

         93,220

Pisau

Rp.

           51,420

Sendok

Rp.

           67,850

nampan dan serbet

Rp.

          27,800

Peralatan tambahan yang lainnya

Rp.

          23,700

Jumlah Investasi

Rp.

   7,596,210


Biaya penyusutan peralatan

Biaya Tetap

Nilai

Penyusutan etalase/gerobak 1/62 x Rp. 2210100

 Rp.

          32,777

Penyusutan kompor dan gas 1/62 x Rp. 327.250

 Rp.

             5,278

Penyusutan panci 1/62 x Rp. 328.350

 Rp.

            5,296

Penyusutan mesin freezer 1/62 x Rp. 1.892.500

 Rp.

          30,524

Penyusutan piring saji es krim 1/62 x Rp.132.000

 Rp.

             2,129

Penyusutan meja 1/62 x Rp. 1.242.300

 Rp.

          20,037

Penyusutan kursi 1/62 x Rp. 1.132.500

 Rp.

           18,266

Penyusutan tempat sampah 1/44 x Rp. 26.000

 Rp.

                 591

Penyusutan timba 1/44 x Rp. 41.220

 Rp.

                937

Penyusutan wadah 1/44 x Rp. 93.220

Rp.

              2,119

Penyusutan pisau 1/44 x Rp. 51.420

Rp.

              1,169

Penyusutan sendok 1/44 x Rp. 67.850

Rp.

             1,542

Penyusutan nampan dan serbet 1/44 x Rp. 27.800

Rp.

                632

Penyusutan peralatan lainnnya 1/44 x Rp. 23.700

Rp.

                539

gaji karyawan

Rp.

    1,400,000

Total Biaya Tetap

Rp.

   1,521,836

Biaya bahan dan perlengkapan

    

 

Biaya Variabel

 

susu putih

Rp.

   49,500

x

30

=

Rp.

     1,485,000

 

tepung maizena

Rp.

   29,200

x

30

=

Rp.

       876,000

 

gula pasir

Rp.

   42,200

x

30

=

Rp.

     1,266,000

 

susu kental manis putih

Rp.

   43,500

x

30

=

Rp.

     1,305,000

 

Vanili

Rp.

      7,500

x

30

=

Rp.

       225,000

 

Garam

Rp.

      2,500

x

30

=

Rp.

         75,000

 

Oreo

Rp.

   40,800

x

30

=

Rp.

     1,224,000

 

stone chocolate

Rp.

   43,200

x

30

=

Rp.

     1,296,000

 

daun mint

Rp.

    21,950

x

30

=

Rp.

       658,500

 

bunga-bunga

Rp.

    12,200

x

30

=

Rp.

       366,000

 

Jeli

Rp.

    18,950

x

30

=

Rp.

       568,500

 

Pot plastik kecil

Rp.

   80,300

x

30

=

Rp.

     2,409,000

 

sendok plastik

Rp.

    16,300

x

30

=

Rp.

       489,000

 

Pengemas

Rp.

    10,500

x

30

=

Rp.

       315,000

 

sabun cuci

Rp.

         250

x

30

=

Rp.

           7,500

 

gas LPG

Rp.

    16,600

x

30

=

Rp.

       498,000

 

sewa tempat

Rp.

    17,000

x

30

=

Rp.

       510,000

 

air dan listrik

Rp.

    14,500

x

30

=

Rp.

       435,000

 

Total Biaya Variabel

Rp.

 14,008,500

 

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp 15,530,336

Pendapatan per Bulan
75 pot x Rp 8,000 = Rp 600,000
Rp 600,000 x 30 hr = Rp 18,000,000

Keuntungan per bulan 
Laba = Total Pendapatan - Total Biaya Operasional
Rp 18,000,000 - 15,530,336 = Rp 2,469,664

Lama Balik Modal
Tital Investasi/Keuntungan
RP 7,596,210/ Rp 2,469,664 = 3 bln

Dari analisa di atas dapat disimpulkan apabila usaha es krim pot sangat menguntungkan dimana modal Rp 7,596,210 dengan kentungan per bulan Rp 2,469,664 dan balik modal dalam 3 bulan.

    

    Mengidentifikasi Strategi Pesaing

Es krim pot memiliki pesaing yang cukup banyak, bahkan bisa dibilang sudah sangat merakyat dengan harga yang ekonomis. Adapun pesaing produk sejenis adalah es krim cone, es krim stick, es krim Basian (batok isian) dll. Kebanyakan para pesaing hanya menyajikan rasa yang original. Maka dari itu kami berupaya untuk menyajikan suatu inovasi dari minuman es krim dengan memadukan bermacam rasa es krim , buah-buahan dan kacang mede dan tanah. Dengan harapan para konsumen bisa terpenuhi kebutuhannya untuk menghilangkan rasa dahaga dengan rasa yang berbeda.






Daftar Pustaka

  

Prianto N, Kasih Y, Khairani S, 2015.  Pooti Ice Cream (PERENCANAAN PENDIRIAN USAHA ES KRIM. Jurusan Manajemen, STIE MDP Palembang

file:///D:/Peluang%20Usaha%20Es%20Krim%20Pot%20dan%20Analisa%20Usahanya%20_%20Toko%20Mesin%20Maksindo.htm

https://www.google.com/search?q=macam+es+krim&safe=active&client=firefox-b&tbm=isch&imgil=ZublUghWMxS59M%253A%253BqeHvaTrDGxBmWM%253Bhttp%25253A%25252F%25252Fanekaresep76.blogspot.com%25252F2015%25252F09%25252Finilah-15-aneka-resep-es-krim-rumahan.html&source=iu&pf=m&fir=ZublUghWMxS59M%253A%252CqeHvaTrDGxBmWM%252C_&usg=__eaALdJ_4OWVwlYQWZAVQUBzr9gg%3D&biw=1366&bih=635&ved=0ahUKEwiV7amOgfDNAhXLpY8KHan0ALkQyjcINw&ei=_fmFV9X6FsvLvgSp6YPICw#imgrc=gwkznE2ioOFc1M%3A

file:///D:/Resep%20Membuat%20Es%20Cream%20POT%20yang%20Unik%20dan%20Populer%20_%20Majalahkuliner.info.htm


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Manajemen Pemasaran PT Sayap Mas Utama

Ringkasan Nilai Waktu Uang - Matakuliah Manajemen Keuangan

Pengalaman & Tips Menjadi Mahasiswa Santuyy - STIE TRI BHAKTI SCHOOL OF BUSINESS