PROPOSAL BISNIS - USAHA ICE CREAM POT YUMMY (POMMY)
Es Krim Pot yummy
(Pommy)
Proposal Rencana Bisnis
STIE TRI BHAKTI
SCHOOL OF BUSINESS
Jl. Teuku
Umar no. 24, Cut Mutia
Bekasi
BAB I
PENDAHULUAN
Aspek Organisasi dan Manajemen
efektif. Berikut struktur organisasi yang direncanakan oleh Pot Ice Cream :
1. Nama Usaha : Es Krim Pot (Pommy)
2. Jenis Usaha : Dessert ( makanan ringan )
3. Alamat Usaha : RukoVilla Mutiara Gading 2
Visi, Misi
a.
Visi
Visi Pot Ice Cream
adalah menjadi makanan penutup yang paling dicari dan disukai oleh masyarakat
dan bisa dikembangkan sebagai bisnis dengan sistem franchise di luar Kota Bekasi.
b.
Misi
Misi Pot
adalah:
1. Menciptakan inovasi varian rasa baru yang lebih menarik agar konsumen tidak merasa bosan.
2. Memberikan pelayanan yang terbaik sehingga konsumen merasa nyaman saat membeli.
3. Mengutamakan kualitas dan rasa yang terbaik dengan nilai gizi yang baik dan harga yang sesuai kemampuan masyarakat.
Tujuan Usahaan
Tujuan perusahaan memproduksi atau
memasarkan suatu produk, baik perusahaan dagang ataupun jasa selalu berpatokan
pada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Tujuan perusahaan dalam
memasarkan produknya ini dapat bersifat jangka pendek atau jangka panjang. Secara
khusus dalam aspek pasar dan pemasaran bahwa tujuan perusahaan untuk
memproduksi atau memasarkan produknya dapat dikategorikan sebagai berikut:
1. Untuk meningkatkan penjualan
dan laba.
2. Untuk menguasai pasar.
3. Untuk mengurangi saingan.
4. Untuk menaikan prestise produk
tertentu dipasaran.
5. Untuk memenuhi pihak-pihak
tertentu.
Tujuan
usaha Pot Ice Cream adalah
memberikan rasa dan inovasi baru pada produk sehingga konsumen dapat merasakan
sesuatu yang baru dalam dunia makanan dan tidak merasa bosan sehingga mau
membeli produk yang ditawarkan.
BAB II
LATAR BELAKANG USAHA
Banyak orang yang tergiur akan kelezatan,
kesegaran juga kenikmatan yang ditawarkan oleh es krim ini. Kelezatan rasa es
krim memang bisa mengundang gairah dari banyak orang untuk menikmatinya.
Rasanya yang manis, lembut dan dingin dimulut membuat es krim banyak disukai
mulai dari anak kecil sampai orang dewasa bahkan orang tua. Seperti halnya di
wilayah tropis seperti indonesia dengan berada di garis khatulistiwa membuat
wilayahnya memiliki iklim panas. Ketika cuaca panas memang es krim menjadi
pilihan minuman yang banyak diburu oleh masyarakat. Es krim menjadi minuman
pilihan yang cocok untuk dinikmati saat kapanpun juga dimanapun terlebih cuaca
panas merupakan momen yang tepat. Jumlah peminat dari produk es krim memang
selalu mengalami peningkatan, minuman yang sejak lama hadir ditengah masyarakat
kini menjadi kebutuhan pokok yang harus selalu tersedia terlebih saat cuaca
terik.
Salah satu produk yang kini sedang mulai
berkembang di antara masyarakat, adalah produk makanan penutup (dessert)
yaitu es krim. Es krim adalah makanan yang sudah tidak asing lagi di
masyarakat. Membayangkan es krim akan terbayang kelembutan dan kelezatan
rasanya. Rasa es krim yang manis, gurih, dingin dan lembut sangat menggugah
selera siapa saja. Sudah banyak olahan dan varian
es krim, dan kita bisa melihat kumpulan resep es krim, dari es krim goreng, es
krim coklat, dan masih banyak lagi. Es krim adalah sebuah makanan beku, dibuat
dari produk susu seperti krim atau sejenisnya lalu digabungkan dengan perasa
dan pemanis.
Campuran ini dinginkan dengan mengaduk sambil
mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Mengingat
banyaknya varian es krim, sekarang ini tentu tidak sulit lagi menemukan rasa
dan jenis es krim yang diinginkan. Terkadang orang bosan menikmati es krim
yang itu saja rasanya, namun dengan hadirnya es krim pot kini makin lebih
tertarik. Peluang usaha es krim pot memang terbilang masih baru di dunia usaha
es krim dan semakin berkembang hingga banyak menghasilkan keuntungan.
Bisnis es krim
dari tahun ke tahun memang mengalami peningkatan begitupun jumlah pendapatan
yang hendak didapatkan akan selalu meningkat. Dalam mengelola usaha es krim pot
memang begitu mudah serta pangsa pasarnya sangat muda diterima masyarakat. Pangsa
pasarnya yang terbilang bagus menjadikan usaha es krim pot layak sebagai
peluang usaha yang menjanjikan. Meski usaha es krim kini banyak bertebaran di
masyarakat, namun untuk usaha es krim pot tak akan kalah untuk bersaing. Jika
dilihat dari sudut pandang peluang, kuliner dingin atau es krim ini merupakan
bisnis kuliner yang menjanjikan, dari segi minat di indonesia
sendiri, Mulai anak-anak hingga orang dewasa kenal dan akrab dengan yang
namanya es krim. Produk ini sangat tidak asing bagi siapapun. Itu berarti
peluang memasarkannya jauh lebih mudah daripada produk yang asing atau baru
ditawarkan. Anda tinggal membuat rasa es krim yang lezat, kemasan/penyajian
yang menarik dan merek yang menggoda. Lambat laun es krim Anda akan dikenal dan
disukai oleh konsumen. Peluang bisnis es krim tak akan pernah tua, dari zaman
dulu sampai sekarang bisnis es krim tetap ada. Dan yakinlah, di masa mendatang
peluang bisnis es krim juga akan tetap ada dan berkembang seiring kemajuan
zaman dan kreatifitas manusia.
BAB III
KAJIAN ASPEK PASAR
DAN PEMASARAN
PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
Pasar dan pemasaran merupakan dua
sisi yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, artinya pasar dan pemasaran
memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi dan saling mempengaruhi, dengan kata
lain, setiap ada kegiatan pasar selalu diikuti oleh pemasaran dan setiap
kegiatan pemasaran adalah untuk mencari atau menciptakan pasar. Pengertian
pasar secara sederhana ialah sebagai tempat bertemunya para penjual dan pembeli
untuk melakukan transaksi. Pengertian lain yang lebih luas tentang pasar ialah
himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Dalam
pengertian ini mengandung arti bahwa pasar merupakan kumpulan atau himpunan
dari para pembeli, baik pembeli nyata maupun pembeli potensial atas suatu
produk atau jasa tertentu. Pasar juga dapat diartikan pula sebagai suatu
mekanisme yang terjadi antara pembeli dan penjual atau tempat pertemuan antara
kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran Yang dimaksud dengan permintaan
adalah jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga
pada suatu waktu tertentu. Secara umum factor-faktor yang mempengaruhi
permintaan suatu barang atau jasa adalah:
2. Harga barang lain yang memiliki hubungan.
3. Pendapatan
4. Selera
5. Jumlah penduduk.
6. Factor khusus ( akses )
Pengertian
penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai
tingakat harga pada waktu tertentu. Factor-faktor yang mempengaruhi penawaran
suatu barang dan jasa:
2. Harga barang lain yang memiliki hubungan.
3. Teknologi
4. Harga input.
5. Tujuan perusahaan.
Pengertian pasar yang dikemukakan oleh Philip kotler adalah: suatu proses
social dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan
produk dan nilai dengan pihak lain. Pemasaran dapat pula diartikan sebagai
upaya untuk menciptakan dan menjual produk kepada berbagai pihak dengan maksud
tertentu. Pemasaran berusaha menciptakan dan menukarkan produk, baik barang
maupun jasa kepada konsumen dipasar. Konsumen yang membutuhkan barang produk
adalah individu atau kelompok tertentu. Oleh karena itu, dalam pratiknya kelompok
pasar terdiri dari:
2. Pasar industrial.
3. Pasar reseller.
Aspek
Pemasaran
Segmen
Pasar, Target Pasar, dan Positioning
1.
Segmentasi
Segmentasi merupakan kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen (Suliyanto 2010:93). Dalam hal segmentasi, Pot Ice Cream membaginya kedalam beberapa segmen yaitu:
- v Segmentasi berdasarkan geografis. Pot Ice Cream hanya membuka usaha di wilayah kota Bekasi, melalui penjualan via direct selling, blackberry messenger, Facebook, dan Instagram.
- v Segmentasi berdasarkan demografis. Pot Ice Cream menempatkan target utama kepada karyawan, mahasiswa dan anak sekolah di Ruko Villa Mutiara Gading 2 Bekasi.
- v Segmentasi berdasarkan psikografis. Pot Ice Cream cenderung mengarah kepada masyarakat yang mempunyai gaya hidup masa kini yang selalu ingin mengikuti perkembangan zaman, penggemar dunia kuliner dan menyukai hal–hal yang unik tentang sebuah makanan.
2.
Targeting
Menurut Suliyanto
(2010:94) Targeting adalah pemilihan pasar sasaran dari kumpulan pembeli
dengan kebutuhan atau karakteristik serupa yang akan dilayani perusahaan. Target
pasar yang menjadi sasaran Pot Ice Cream yaitu anak-anak dan remaja.
Laki–laki dan perempuan dengan usia 7 tahun hingga 20 tahun yang berada di daerah
Bekasi, yaitu Ruko Villa Mutiara Gading 2.
3.
Positioning
Positioning adalah
elemen yang sangat utama dalam suatu strategi pemasaran. Sebuah perusahaan
dapat menentukan posisinya melalu persepsi pelanggan terhadap produknya dan
produk pesaingnya sehingga akan dihasilkan peta persepsi. Dengan menggunakan
informasi dari peta persepsi itu, berbagai strategi penentuan posisi dapat
dikenali (Suliyanto 2010:95). Pot Ice Cream ingin menjadi
salah satu hidangan makanan penutup yang sehat dan bergizi yang diminati
oleh semua kalangan. Keunggulannya yang unik seperti sedang membeli sebuah
tanaman bibit tetapi sebenarnya sebuah es krim yang lezat.
Potensi Pasar
Penentuan dan evaluasi potensi pasar dari usaha bisnis
baru yang direncanakan hendaknya dimuali dengan mengumpulkan data-data yang
relevan dengan pasar mengenai pelanggan potensial, memotivasi pembelinya,
kebiasaan membeli, dan dampak perubahan dalam karakteristik produk pada potensi
pasar. Penelitian mengenai potensi pasar bagi usaha baru mungkin melibatkan
penilaian subyektif, pribadi dan tidak selalu ilmiah.
Wirausahawan hendaknya menggunakan pendekatan ilmiah,
mereka hendaknya bertumpu pada informasi obyektif mengenai pelanggan potensial,
bisa memilah-memilah informasi. Banyak wirausahawan yang mengabaikan keberadaan
pasar, atau mereka hanya melakukan penelitian pasar untuk membenarkan keyakinan
mereka. Wirausahawan yang bijak akan menggunakan sebagian besar waktu mereka
untuk mengindentifikasi pasar potensial. Es krim merupakan salah satu produk makanan yang cukup
potensial. Potensi pasar es krim di Indonesia bisa mencapai 60 juta liter per
tahun, akan tetapi yang terealisasi baru mencapai 47 juta liter per tahun.
Meskipun demikian pertumbuhan pangsa pasar es krim di Indonesia setiap tahunnya
mengalami kenaikan sekitar 5-10%. Potensi pasar es krim di Indonesia yang
menjanjikan didukung oleh tingkat konsumsi es krim yang masih sangat rendah,
bisa dijadikan peluang untuk para produsen es krim yang ada.
Peluang Usaha
Peluang untuk bisnis es krim pot terbilang sangat
bagus dan sangat cerah. Usaha es krim pot menjadi suatu pilihan bisnis es krim
baru dan unik yang menjanjikan hingga banyak orang terpincut dengan bisnis
tersebut. Peluang untuk usaha minuman es krim pot masih terbuka lebar bagi
siapa saja. Berikut adalah peluang usaha es krim :
1)
Iklim
Tropis Indonesia. Secara alami, letak negara kita di khatulistiwa ini sangat
mendukung perkembanganbisniseskrim. Apa lagi suhu udara kenyataannya juga
semakin bertambah.
2) Konsumennya
Berasal dari Berbagai Kalangan Siapa yang tidak kenal es krim? Mulai anak-anak
hingga orang dewasa kenal dan akrab dengan yang namanya es krim. Produk ini
sangat tidak asing bagi siapapun. Itu berarti peluang memasarkannya jauh lebih
mudah daripada produk yang asing atau baru ditawarkan. Anda tinggal membuat
rasa es krim yang lezat, kemasan/penyajian yang menarik dan merek yang
menggoda. Lambat laun es krim Anda akan dikenal dan disukai oleh konsumen.
3)
Pasar
Bisnis Es Krim Mudah Dicari. Cukup dengan mencari tempat yang ramai dan
strategis misal mall, kampus, sekolah, futsal, pasar, kolam renang dll, maka
kami yakin bisnis Anda akan segera menuai kesuksesan.
4) Mudah
Dimulai, Dijalankan dan Pengawasan. Untuk memulainya Anda cukup memiliki Mesin
Pembuat Es Krim (Ice Cream Maker) baik yang model Es Puter/Skop atau model Kran
(Soft Ice Cream). Karena setiap pembelian mesin selalu diadakan pelatihan
sampai bisa berproduksi dan perawatan mesin. Tidak perlu tenaga dengan keahlian
khusus dan berpendidikan tinggi lulusan SMP pun bisa. Pengawasan gampang karena
setiap mesin menghasilkan produk yang sudah pasti sehingga penyelewengan dari
karyawan hampir tidak ada.
5) Tidak
Perlu Banyak Karyawan. Anda cukup mempekerjakan minimal 1 (satu) orang karyawan
saja sebagai operator mesin merangkap kasir dan pelayan sehingga 1 mesin perlu
1 karyawan
6) Tidak
Butuh Keterampilan Tinggi. Prinsipnya semua orang bisa melakukannya, hanya
butuh pengalaman saja. Bisa dipelajari dengan mudah sambil menjalankan
bisnisnya (learning by doing).
7) Proses
Pembuatan Cepat dan Bisa Diatur. Membuat es krim tidak perlu waktu terlalu
lama, dan jumlah produksi dan variasi produk pun bisa Anda atur sendiri.
8) Peluang
Bisnis Es Krim tidak ada matinya. Peluang bisnis es krim tak akan pernah tua,
dari zaman dulu sampai sekarang bisnis es krim tetap ada. Dan yakinlah… di masa
mendatang peluang bisnis es krim juga akan tetap ada dan berkembang seiring
kemajuan zaman dan kreatifitas manusia.
Strategi Pemasaran Perusahaan
Terhadap Pesaing
a. Product
Suatu produk akan dibeli apabila terlihat menarik bagi
seorang konsumen, maka produk merupakan hal utama yang harus diperhatikan
ketika akan memulai suatu usaha.Karena tanpa produk yang unggul usaha kita
tidak dapat berkembang dan bersaing dengan produk lain. Pooti Ice Cream memiliki
kemasan yang berbentuk pot bibit kemudian dilapisi dengan alumunium foil untuk
menjaga kehigienisan produk.
Pot tersebut diisi dengan es krim, alpukat, coklat,
dan bubuk oreo, serta bubuk corn flake juga daun mint pada bagian atas.
Es krim yang digunakan adalah jenis hard es krim yang didapatkan dengan
membeli dari agen es puter yang telah terjamin rasanya. Es krimnya sendiri
terdiri dari rasa greentea, coklat, dan vanila. Untuk alpukat
kami mengolah sendiri alpukatnya agar berbeda dari pesaing. Alpukat yang
digunakan pun adalah alpukat yang baik kualitasnya. Alpukat tersebut diolah
dengan susu dan resep rahasia dari Pot yang membedakan dari produk pesaing.
Bagian pelengkapnya itu adalah coklat dari nuttela dan ovamaltine sebagai
penambah rasa dari es krim tersebut. Untuk topping paling atas Pot
menggunakan Oreo atau biskuit jagung yang berfungsi sebagai kiasan dari
tanah atau pasir putih seperti tema produk yang dijual. Dan juga buahbuahan yang
menambah kesegaran dari dessert ini. Buah yang dipakai biasanya buah
yang mempunyai rasa asam seperti stroberi, kiwi, dan mangga.
Gambar
1. Es Krim Pot
b. Price
Pot Ice Cream menawarkan harga yang cukup
kompeten untuk bersaing dengan pesaing lainnya. Harga yang ditawarkan Pot Ice Cream yaitu sudah termasuk
dengan pot, dan juga sendok plastik satu kali pakai dan topping pelengkapnya.
Berikut ini merupakan harga dari produk Pot Ice Cream:
Tabel
1. Harga Produk
Pooti Ice Cream
No. |
Produk |
Harga
per Unit (Rp) |
|
Pot |
|
||
1. |
Coklat bola kacang mete dan mesis |
20.000 |
|
2. |
Coklat
serut, mesis dan strawberi |
15.000 |
|
3. |
Krim mocca
dan kacang tanah |
20.000 |
|
4. |
mesis and fruits |
25.000 |
c. Place
Tempat penjualan es krim berada di
ruko Perum. Villa Mutiara Gading 2.
d. Promotin
Menurut Suliyanto (2010, h.90) Pengertian promosi adalah kombinasi dari periklanan, personal selling, dan alat promosi lainnya yang direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”. Pot Ice Cream akan melakukan promosi di sosial media sebagai berikut :
1. Social Networking
Pot Ice Cream memanfaatkan jaringan media sosial untuk memperkenalkan produk Pot Ice Cream kepada konsumen seperti Instagram, Group BBM dan Facebook
2. Brosur
Pot Ice Cream juga melakukan pembagian brosur di tempat keramaian, seperti di daerah perkantoran, Mall, Taman dan toko. Selain itu, penulis akan meletakkan brosur di restoran dan café. Hal tersebut bertujuan jika konsumen ada yang berminat melakukan order.
e. Sales Promotion
Pooti Ice Cream memberi diskon dan bonus produk
seperti topping ataupun beli 1 produk gratis 1 produk khusus Pot. Dengan adanya promosi seperti
ini diharapkan konsumen akan lebih tertarik untuk membeli Pot Ice Cream apalagi di hari-hari yang tidak terlalu ramai seperti hari
biasanya. memberi diskon dan
bonus produk seperti topping ataupun beli 1 produk gratis 1 produk khusus Pot. Dengan adanya promosi seperti
ini diharapkan konsumen akan lebih tertarik untuk membeli Pot Ice Cream apalagi di hari-hari yang tidak
terlalu ramai seperti hari biasanya.
Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Cara penjualannya mudah yaitu dengan waktu pembelian
tidak lebih dari sepuluh menit, pembeli dengan mudah memilih jenis es krim pot
yang akan dibeli sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan
produk. Cara promosi sendiri dilakukan dengan media sosial seperti Instagram, grup
BBM, dan Facebook .
Tabel 2. Rencana Penjualan dan
Pangsa Pasar Selama 3 Tahun
Tahun |
Permintaan Potensial (1) |
Penawaran Pesaing (2) |
Peluang Pasar (3) |
Rencana Penjualan (4) |
Pangsa Pasar (5) |
2016 |
323.025 |
90.000 |
233.025 |
10.486 |
4,50% |
2017 |
355.328 |
99.000 |
256.328 |
12.688 |
4,95 % |
2018 |
390.860 |
108.900 |
281.960 |
15.366 |
5,45 % |
Proses Produksi / Gambaran
Teknologi
Proses produksi Pot Ice Cream dilakukan dalam dapur dengan memanfaatkan sarana dan prasarana. Proses produksi yang baik akan menghasilkan produk yang baik juga dengan resep es krim yang sudah ada dari berbagai sumber. Prosesnya yaitu Bahan baku (Bot atau vas bunga yang terbuat dari plastic, bunga sintetis (imitasi), nutrijel cokelat, sedotan plastic, roti/cake sesuai selera anda, hard ice cream aneka rasa, dan biskuit Oreo) + Peralatan + Pengolahan + Penjualan.
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
Sumber modal
Meminjam uang ke Bank sebesar Rp. 20.000.000, untuk semua biaya dan biaya tak terduga pada saat pelaksanaannya.
Investasi
Peralatan |
Harga |
|
etalase/gerobak |
Rp. |
2,210,100 |
kompor dan gas |
Rp. |
327,250 |
Panci |
Rp. |
328,350 |
mesin freezer |
Rp. |
1,892,500 |
piring saji es krim |
Rp. |
132,000 |
Meja |
Rp. |
1,242,300 |
Kursi |
Rp. |
1,132,500 |
tempat sampah |
Rp. |
26,000 |
Timba |
Rp. |
41,220 |
Wadah |
Rp. |
93,220 |
Pisau |
Rp. |
51,420 |
Sendok |
Rp. |
67,850 |
nampan dan serbet |
Rp. |
27,800 |
Peralatan tambahan yang lainnya |
Rp. |
23,700 |
Jumlah Investasi |
Rp. |
7,596,210 |
Biaya penyusutan peralatan
Biaya Tetap |
Nilai |
|
Penyusutan
etalase/gerobak 1/62 x Rp. 2210100 |
Rp. |
32,777 |
Penyusutan
kompor dan gas 1/62 x Rp. 327.250 |
Rp. |
5,278 |
Penyusutan
panci 1/62 x Rp. 328.350 |
Rp. |
5,296 |
Penyusutan
mesin freezer 1/62 x Rp. 1.892.500 |
Rp. |
30,524 |
Penyusutan
piring saji es krim 1/62 x Rp.132.000 |
Rp. |
2,129 |
Penyusutan
meja 1/62 x Rp. 1.242.300 |
Rp. |
20,037 |
Penyusutan
kursi 1/62 x Rp. 1.132.500 |
Rp. |
18,266 |
Penyusutan
tempat sampah 1/44 x Rp. 26.000 |
Rp. |
591 |
Penyusutan
timba 1/44 x Rp. 41.220 |
Rp. |
937 |
Penyusutan
wadah 1/44 x Rp. 93.220 |
Rp. |
2,119 |
Penyusutan
pisau 1/44 x Rp. 51.420 |
Rp. |
1,169 |
Penyusutan
sendok 1/44 x Rp. 67.850 |
Rp. |
1,542 |
Penyusutan
nampan dan serbet 1/44 x Rp. 27.800 |
Rp. |
632 |
Penyusutan
peralatan lainnnya 1/44 x Rp. 23.700 |
Rp. |
539 |
gaji karyawan |
Rp. |
1,400,000 |
Total
Biaya Tetap |
Rp. |
1,521,836 |
Biaya bahan dan perlengkapan
|
Biaya
Variabel |
||||||||||
|
susu putih |
Rp. |
49,500 |
x |
30 |
= |
Rp. |
1,485,000 |
|||
|
tepung
maizena |
Rp. |
29,200 |
x |
30 |
= |
Rp. |
876,000 |
|||
|
gula pasir |
Rp. |
42,200 |
x |
30 |
= |
Rp. |
1,266,000 |
|||
|
susu
kental manis putih |
Rp. |
43,500 |
x |
30 |
= |
Rp. |
1,305,000 |
|||
|
Vanili |
Rp. |
7,500 |
x |
30 |
= |
Rp. |
225,000 |
|||
|
Garam |
Rp. |
2,500 |
x |
30 |
= |
Rp. |
75,000 |
|||
|
Oreo |
Rp. |
40,800 |
x |
30 |
= |
Rp. |
1,224,000 |
|||
|
stone chocolate |
Rp. |
43,200 |
x |
30 |
= |
Rp. |
1,296,000 |
|||
|
daun mint |
Rp. |
21,950 |
x |
30 |
= |
Rp. |
658,500 |
|||
|
bunga-bunga |
Rp. |
12,200 |
x |
30 |
= |
Rp. |
366,000 |
|||
|
Jeli |
Rp. |
18,950 |
x |
30 |
= |
Rp. |
568,500 |
|||
|
Pot
plastik kecil |
Rp. |
80,300 |
x |
30 |
= |
Rp. |
2,409,000 |
|||
|
sendok
plastik |
Rp. |
16,300 |
x |
30 |
= |
Rp. |
489,000 |
|||
|
Pengemas |
Rp. |
10,500 |
x |
30 |
= |
Rp. |
315,000 |
|||
|
sabun cuci |
Rp. |
250 |
x |
30 |
= |
Rp. |
7,500 |
|||
|
gas LPG |
Rp. |
16,600 |
x |
30 |
= |
Rp. |
498,000 |
|||
|
sewa
tempat |
Rp. |
17,000 |
x |
30 |
= |
Rp. |
510,000 |
|||
|
air dan
listrik |
Rp. |
14,500 |
x |
30 |
= |
Rp. |
435,000 |
|||
|
Total
Biaya Variabel |
Rp. |
14,008,500
|
||||||||
|
Dari analisa di atas dapat
disimpulkan apabila usaha es krim pot sangat menguntungkan dimana modal Rp
7,596,210 dengan kentungan per bulan Rp 2,469,664 dan balik modal dalam 3
bulan.
Mengidentifikasi
Strategi Pesaing
Es krim pot
memiliki pesaing yang cukup banyak, bahkan bisa dibilang sudah sangat merakyat
dengan harga yang ekonomis. Adapun pesaing produk sejenis adalah es krim cone,
es krim stick, es krim Basian (batok isian) dll. Kebanyakan para pesaing hanya
menyajikan rasa yang original. Maka dari itu kami berupaya untuk menyajikan
suatu inovasi dari minuman es krim dengan memadukan bermacam rasa es krim ,
buah-buahan dan kacang mede dan tanah. Dengan harapan para konsumen bisa
terpenuhi kebutuhannya untuk menghilangkan rasa dahaga dengan rasa yang berbeda.
Daftar Pustaka
Prianto N, Kasih Y, Khairani S, 2015. Pooti Ice Cream (PERENCANAAN PENDIRIAN USAHA ES KRIM. Jurusan Manajemen, STIE MDP Palembang
Komentar
Posting Komentar